Kamis, 24 Januari 2013

Alay dan Misteri 2



Kali ini gue bakalan ngebahas beberapa fakta-fakta yg "freak" dari orang-orang Indonesia.
Sebenernya ada apa? Kenapa orang Indonesia itu aneh-aneh? Alay-alay? Unyu-unyu? (apa deh itu unyu). Gak percaya? Oke kita ngambil fakta aja dari yg paling simpel.
Dari TULISAN!!! YA TULISAN!!! Gue kalo baca tulisan-tulisan orang-orang alay mata gue perih, idung gue mimisan, gue kejang-kejang ampe tumpeh-tumpeh (ya ngga lah). Tapi serius, gue kalo baca tulisan-tulisan si alay-alay biadab itu di Facebook, Twitter, atau yg paling umum di SMS itu gue suka ngerasa prihatin, batin gue nangis, benak gue bertanya-tanya. Kenapa?

Ini udah 2013, kenapa masih ada org yang nulis 'DONG' aja jadi 'DONK', 'SIH' jadi 'SICH', 'SI' jadi 'C', 'AH' jadi 'AKH', 'IH' jadi 'IKH', nulis 'ENGGAK' jadi ' GX'????? LU PENGEN DIKATA APA SIH? APA SUSAHNYA NULIS DONG AH SI SIH IH ENGGAK? Kayaknya jari-jari anak alay itu gatel gitu yah kalo sekali aja ga nulis alay.
Tolong kawan, hal sekecil itu pun bisa merusak image negara kita. Budayakan bahasa Indonesia yang baik dan sesuai EYD. Buat apa ada pelajaran Bahasa Indonesia kalo akhirnya lu nulis KAMU aja jadi QMU. Think Big guys, kayak Big Cola. Kalo lu pikir dengan nulis alay itu lu udah gaul, lu salah besar. Seseorang dikatakan gaul ketika dia bisa membaur dengan lingkungan dan zaman.
Sekarang sih populasi spesies alay udah rada berkurang *sujud syukur*. Tapi satu fakta lagi yg gue sadari, bahwa semua orang pasti pernah alay. Ngerasa gak? Ngaku lo! Ngaku atau gue kutuk jadi upil Syahrini?

Tapi serius, semua orang pasti pernah alay. Dari mulai tulisan-tulisan yang kriting, nama facebook yang dramatis dan super panjang sampe baca nya aja perlu waktu satu abad setengah,  foto-foto yang so kyut (bibir atas di monyong-monyongin, bahkan yg paling baru gue liat zaman skg orang difoto nya itu lg musim gaya bibir di kepinggirin. Lu gaul apa STROKE?), status facebook yg menderet satu detik sekali update (kalo di Twitter sih gue rasa wajar,w soalnya Twitter itu sangat memungkinkan penggunanya untuk "berkicau" sebanyak dan sesering mungkin. Karena Twitter tidak menggunakan sistem "jempol"), dan yg masih ada sampe saat ini yaitu para pengemis"like" di facebook. Ya ampun, batin gue nangis.
Kita bahas satu-satu dari nama Facebook yang dramatis dan super panjang. Nih gue kasih contoh:




Lu kalo sayang sama seseorang, ungkapin ke orangnya langsung. APA SUSAH NYA? Kalo lu malu, lu kasih kode. Kalo dia gak peka lu kasih obat "endus anjing" biar dia peka. Kenapa yang jadi pelampiasan harus nama Facebook lu? Atau emang lu dilahirin dengan nama yg kek gitu? Jangan-jangan di akta kelahiran nama lu juga kek gitu? Gue prihatin bro sumpah. Nama itu adalah doa bro. Contoh: "Andri Mulyana Semoga Jadi Anak Yang Soleh Taat Kepada Agama Orangtua Dan Berguna Bagi Nusa dan Bangsa" (ya ngga gitu juga kali dri). Ada juga nih yang nama facebooknya itu panjaaaaaaaang bgt kayak jembatan suramadu:


Gimana? Panjang kan? Panjang banget malah. Saking panjangnya gue aja sampe males baca gituan hupppphh. Kebayang ga kalo emang nama asli dia itu kayak gitu? Gimana di akta kelahirannya? Gatau juga gue.

Terus soal foto yang ala orang struk itu, ya ampun.... Pengen dikata apa sih? Kalo lu pikir dengan gaya di foto struk bisa bikin lu keliatan 'imut', itu salah besar. Lu malah keliatan kek unta lagi nyari jamban tau gak.
Belum sampe disitu, status para alay pun cukup memprihatinkan. Semua statusnya penuh dengan kesengsaraan. Lagi musim galau,  galaaaau semua statusnya. Sampe satu beranda penuh dengan status galau. Lu nyetatus, apa pidato? Ato jangan-jangan lu bercita-cita jadi presiden? Emang ada presiden galau? Nih gue kasih beberapa contoh:


 Kalo yang ini ala cewek-cewek tersakiti gitu yaaa. Bibir dimanyunin sampe mentoooook, pipi di kasih udara biar makin keliatan greget. Tangan sok-sok an megang pipi biar dikata imyutzz hahaha.



Terus kalo yang ini..... Gue speechless. Ga bisa ngomong apa-apa. Apa yang ada dipikiranmu lay? Bibir lo kok bisa sampe gitu yah? Salut dah gue. Semoga cepet sembuh yah dari ke-setruk-an lo itu :')



Ini nih yang terakhir. Mata di sipit-sipitin, bibir sok di manyun-manyunin agak ke pinggirin juga. Jangan-jangan nih anak sampe nungging-nungging? Gak tau juga gue. Jadi mana nih yang paling mirip orang setruk? Gambar 1,2, apa 3?

Terus ini nih yang terakhir. PARA PENGEMIS JEMPOL FACEBOOK. "like status aku ea" " like foto aku ea" "like album aku ea". Kalo satu like di facebook bisa dituker sama uang ceban, baru gue mau tuh ngorbanin kemaluan (rasa malu) gue buat ngemis-ngemis jempol. Biar dikata apa sih? Apa? Biar di kata WOW? Arrrgggh gue greget setengah idup. Gue juga punya beberapa contoh si alay pengemis jempol:

 Haha ini si Squidward lagi ngemis like. Mungkin orang-orang yang ngemis like di facebook juga mimik mukanya kayak si squidward gini ya? Gak tau juga gue.


 Tiap ada yang chat ke gue cuma buat minta dilike, ekspresi gue selalu kayak itu. Haha ya nggak gitu juga sih.

 Masih ada nih. Status para alay di facebook itu selalu di dramatisir. Gak percaya? Nih:

 Ini orang bijak tapi alay. Dramatis sekali statusnya


 Ini status apa pidato sih? Gak kurang panjang sampe bawah gitu? Jangan-jangan ini orang nulis status sampe merem melek kali ya hahaha


 Aduh apalagi ini? Status apa cerpen? Isinya sangat dramatis, tentang kebencian dan cinta. Gak sekalian aja pake judul, pake tema, pake alur cerita, pake tokoh, pake sambel, pake lalap sekalian biar kenyang.


 Ini contoh orang yg salah pergaulan. Hanya karena sakit perut dan sakit kepala, dia bisa sampe galau. Galau karena sakit perut? Tinggal ketoilet terus nongkrong dah disitu, apa susahnya???? Jangan-jangan lo kalo lagi pup sambil galau sampe nangis-nangis lagi?


Ini adalah contoh status paling penting sedunia. Kalo lo pengen pup, ya tinggal ke toilet. Kenapa harus update status? Jangan-jangan lo berharap dengan lo update status di facebook, terus ada seorang dermawan yang rela buat cebokin lo gitu? Ga kali...... Btw, gue setuju tuh sama yang ngomen status doi. 

Tapi tunggu guys, gue baru ngeh. Gue juga pernah alay, asli dulu gue super duper alay bangeeeeet. Gue pernah ngalamin musim gaya foto dari atas, nama facebook yang super duper panjang, dannnn lain sebagainya. Gue nyesel setengah idup. Kadang-kadang gue suka mikir, dulu kok gue bego banget? Jangan-jangan gue dulu amnesia? Ato gue dulu gila? Arrrggh dilema nih dilema!!.

Dan lu harus tau, bahwa alay itu adalah proses menuju kedewasaan. Kalo kata abang gue Raditya Dika, alay itu termasuk ke skema pertumbuhan manusia di Indonesia. Jadi skema manusia di Indonesia itu LAHIR -> BAYI -> BALITA -> ANAK-ANAK -> REMAJA -> ALAAAAAAY -> DEWASA.
Coba direnungkan deh. Kalo dipikir-pikir ada ada benernya kan? Kalo skg lu masih alay, itu artinya lu masih bocah.
Intinya cobalah berfikir positif. Cobalah untuk tidak terpengaruh oleh sesuatu yang tidak berguna. Think big bro, zaman udah makin maju. Lu jangan mau ketinggalan zaman, zaman harus lu taklukan.
Jadi gimana? Masih mau alay-alayan? Pikir deh gimana pandangan negara lain kalo liat masyarakat di negara kita masih ndeso. Ndeso!!! Ndeso!!!

Sekian deh, semoga bisa di renungkan ya. Kita berenung sama-sama. Cobalah untuk lebih baik. See you later :)))))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar